Friday 12 July 2013

Masterplan PTBM

Dalam beternak burung kenari baiknya dilakukan perencanaan secara matang terlebih dahulu agar nantinya tujuan yang kita kehendaki dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
CATATAN PENTING: Apabila anda memang hobi akan memelihara hewan terutama burung / unggas, anda dapat melakukan beternak ini sebagai tambahan pendapatan kelak. Namun apabila anda tidak hobi dalam memelihara hewan tidak disarankan untuk melakukan ternak ini. Dikhawatirkan anda akan bosan dan merasa jenuh, yang ada akan mengalami kerugian dan kasihan burung kenari yang ditangkarkan karena menjadi kurang terawat. Tapi kalau tetap ingin mencoba, kuatkan dan teguhkan niat pembaca untuk benar-benar merawat burung yang indah warna dan suaranya ini. Selain mudah dirawat burung ini sangat indah dilihat dan suaranya sangat menentramkan hati :D
PTBM melakukan budidaya / ternak burung kenari karena penulis memang hobi dan penyayang binatang, serta mempunyai kepuasan tersendiri apabila melihat hewan yang dipeliharanya dapat berkembang biak dengan baik. Oleh sebab itu dalam membuat masterplan menangkarkan burung kenari penulis tidak memasukan nilai depresiasi asset yang dibeli (penurunan nilai), dan menargetkan profit / keuntungan yang harus di peroleh dalam beternak burung ini.
Karena keterbatasan modal, dalam melakukan penangkaran burung kenari penulis membeli peralatan yang diperlukan secara bertahap. Bahkan dapat dikatakan selama 5 bulan kedepan belum dapat menghasilkan apa-apa. Hal ini dikarenakan burung kenari yang di tangkarkan belum siap umur untuk produksi. Tapi namanya juga hobi, disitulah seninya, apa boleh dikata :D. Untuk memulai penangkaran sebaiknya disiapkan sarana yang diperlukan terlebih dahulu baru menghunting burung kenarinya.
Hal – hal yang harus dipersiapkan dalam beternak burung kenari:
NoKeteranganHarga
1Ruangan (memanfaatkan space ruangan kosong) 
2Burung kenari tentunya (jantan dan betina)*                        (+/-)Rp 500.000*
3Satu buah kandang perjodohan (1 Pcs)Rp 165.000
4Sarang rotan (1 Pcs)Rp     3.000
5Sabut Kelapa (2 Pcs) @Rp 1.000Rp     2.000
6Serat Nanas 1 plastick isi 3Rp     8.000
7Tempat makan (4 Pcs) @Rp 3.500Rp   14.000
8Tempat minum medi*n (4Pcs) @Rp 3.500Rp   14.000
9Vitamin Eb** (1Pcs)Rp   10.000
10Vitamin ayam petelur med**n (5 Sachet) @Rp 1.500Rp     7.500
11Kapur ba**s anti semut dan kecoa (1 dus isi 10)Rp     8.000
12Suntikan min 3 Pcs (gratis)
13Pentil sepeda (1 bundle)Rp   10.000
14Botol pengisian air minum 2 Pcs @Rp 10.000Rp   20.000
15Alkohol 70% untuk mensterilkan kandang / membersihkan lukaRp   15.000
16Tembakau Rp     5.000

Huruf yang dicetak tebal adalah hal penting yang harus disiapkan.

Dalam membersiapkan ruangan yang akan dipakai usahakan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, dan sinar mataharinya cukup. Usahakan penempatan kandang agak tinggi untuk menghindari serangan semut dan hama tikus. Untuk menghindari serangan semut dikeliling tempat yang akan ditempelkan kandang gariskan dengan kapur anti semut dan kecoa. Tata letak kandang yang akan dipakai sebaiknya juga dibuat, hal ini untuk memudahkan pada saat pembersihan, penjodohan dan lainnya. Tata letak kandang diusahakan seoptimal mungkin (berapa kandang yang akan digunakan) walaupun jumlah kandangnya belum sebanyak rencana yang dibuat.
Kandang yang digunakan PTBM adalah kandang besi, yang di tempel di tembok dalam menangkarkan burung kenari. Walaupun harganya lebih mahal dari kandang kayu, namun kandang besi dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Penulis menyarankan apabila dalam menangkarkan burung ini terbentur kendala keterbatasan modal seperti halnya PTBM, untuk sementara dapat menggunakan kandang kayu terlebih dahulu atau bersabar hingga uangnya terkumpul untuk dapat membeli kandang besi. Tapi semua terserah kepada pembaca, baik kandang besi ataupun kayu sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Setelah sarana dirasa siap, tahap berikutnya baru mencari burung kenari yang dikehendaki. Dalam memilih burung kenari yang akan di tangkarkan, ada baiknya memilih burung kenari lokal, seperti halnya PTBM memilih mulai belajar menangkarkan burung kenari lokal, disamping harganya yang masih terjangkau serta info yang penulis peroleh dari berbagai literatur merawat burung kenari lokal lebih mudah dibandingkan dengan burung kenari import.
Semoga artikel ini dapat menambahkan pencerahan bagi pecinta burung kenari yang akan beternak.

Selamat mencoba

Bunda Mano

No comments:

Post a Comment