Sunday 7 July 2013

Kenari PTBM

Planet-Kenari Bunda Mano (PTBM)
       
PTBM merupakan nama sebagai identitas diri sebagai peternak kenari (walaupun dapat dikatakan sebagai peternak kenari pemula :D). Burung yang dijadikan sebagai pelajaran dalam beternak oleh penulis untuk saat ini adalah burung kenari lokal, lokal super dan burung kenari Taiwan milik mang Aci.

           Berawal dari hobi dan rasa sayang terhadap binatang, mulai dari ikan, hamster, hingga burung. Penulis mencoba untuk membukukan cara untuk beternak burung kenari. Penulis merupakan orang yang terencana dalam segala hal, begitupun untuk urusan hobi barunya, yakni ternak kenari.
  

Dimulai pada bulan Februari 2013, penulis mulai menyukai kenari ketika melihat keindahan bentuk tubuh dan suara dari burung ini dari adiknya. Dan mulai mencari-cari literatur dan bacaan mengenai cara beternak burung kenari baik dari buku ataupun internet.
Di dunia maya sangatlah mudah dalam memperoleh informasi mengani burung kenari, sudah banyak web dan blog yang mengupas tuntas mengenai jenis burung kenari, cara perawatan, mengidentifikasikan jenis kelamin dan sebagainya. Namun hal ini sangatlah berbeda ketika penulis sudah mulai berinteraksi dengan penghobi burung kenari, tukang burung dan peternak kenari. Banyak masukan dari para penghoby burung kenari, untuk lebih berhati-hati dengan tukang burung, karena banyak dari mereka yang suka “bohong” atau menyembunyikan informasi tentang kenari yang mereka jual. Walaupun tidak semua tukang burung melakukan hal itu. Dalam menggali sumber informasi mengenai burung kenari memang ada tukang burung yang seperti itu, namun banyak juga tukang burung yang memberikan informasi yang gamblang mengenai burung kenari. Mungkin itulah yang disebut dengan dinamika hidup… :D (Jadi curcol).

Setelah semua informasi terkumpul, bertukar pikiran dengan beberapa tukang burung dan peternak burung kenari serta mempelajari dengan sungguh-sungguh, pada bulan Maret 2013 penulis berniat untuk memulai usaha beternak burung kenari dan melakukan inventarisasi kebutuhan yang diperlukan untuk beternak kenari.

           Perlu diketahui penulis berasal dari keluarga yang sederhana, sehingga untuk memulai beternak burung kenari, penulis harus menyisihkan sedikit uang untuk mewujudkan hobinya beternak burung kenari.

           Semua persiapan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan perencanaan dan kondisi keuangan penulis. Dalam mewujudkan keinginan ini banyak kendala yang dialami penulis, dikarenakan tidak semua keperluan beternak dapat langsung diperoleh secara bersamaan. Belajar dari Kesalahan penulis dalam melakukan perencanaan beternak burung kenari, ada baiknya pembaca membeli indukan burung setelah sarananya siap (Kandang, dll).
            Semoga dengan hadirnya blog ini dapat menambah wawasan dan menjadi ajang bertukar pikiran dan pengalaman para pembaca dalam beternak burung kenari.

Salam,
Bunda Mano

No comments:

Post a Comment