Thursday 18 July 2013

Ciri-ciri burung kenari betina yang akan bertelur

Berikut ini ciri-ciri phisik burung kenari betina yang akan segera bertelur, semoga bisa dijadikan acuan bagi para peternak pemula burung kenari :D:

Ciri-ciri Burung kenari yang akan bertelur (Gambar 1)
Gambar 2
 
  • Bulu disekitar alat kelamin betina mulai rontok, dan lubangnya pun melebar +/- 1 cm, seperti orang yang mau melahirkan ada pembukaannya :D (dapat dilihat di gambar 1 no. 1 atau gambar 2 no. 2)
  • Dibawahnya terdapat benjolan yang kalau di tekan seperti bisul. Tapi menekannya jangan terlalu keras ya (dapat dilihat pada gambar 2 no. 3)
  • Bulu disekitar bawah ekor dan paha bawah bertambah lebat. Mungkin bulu ini diperlukan selama proses pengeraman (dapat dilihat pada gambar 1 no. 2 dan 3, serta gambar 2 no 1 dan 3)
  • Sarang burung sudah mblunder klo dalam bahasa indonesianya sudah membentuk huruf O
 Kalau sudah terlihat tanda-tanda seperti itu paling lama 3 hari si burung akan bertelur. Duh…, senangnya klo momongan kita sudah bertelur, seperti halnya PTBM yang tengah harap-harap cemas menunggu burung kenari kesayangannya bertelur.


Salam


Bunda Mano

146 comments:

  1. ass, mau tanya kenari betina saya udah kaya yang mau bertelur seperti ciri" d'atas tapi ko kenapa udah hampir seminggu belum juga mau bertelur? tolong kasih saran/jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang col
      i paling kenari jantan

      Delete
    2. Pagi pagi saya liat telur kenari jatuh satu buah kebawah gk ke tempat sarang nya kenapa ya itu mas...apa kebrojolan atau gimana...padahal disarangnya udah ada 2 telur ...apa jg pengaruh krna saya memisahkan jantannya ....trimaksih

      Delete
  2. Wa'aalikum salam Mas Zainal.
    Artikel diatas merupakan tanda-tanda general burung kenari yang akan bertelur. Namun waktu yang diperlukan setelah terlihat tanda-tanda diatas memang tidak akan sama antara burung yang satu dengan yang lain. Saya Sendiri pernah mengalami hal yang sama dengan mas, sarang disangkar sudah mblunder, bentuk fisiknya pun sama seperti artikel yang saya share. Namun baru bertelur setelah 3 minggu kemudian, menurut pengalaman saya hal ini biasanya terjadi pada saat proses bertelur yang pertama. Jadi sabar saja ya mas.

    Semoga burungnya lekas bertelur. Jangan lupa asupan makanan tetap di perhatikan. Terutama telur puyuh dan sayuran (Sawi)

    Tetap semangat ya,
    Salam

    ReplyDelete
  3. Apakah tidak mengganggu proses jika kita membersihkan dasar kandang setiap hari..?
    dan ramuan apa saja yg biasanya dipakai para ahli ternak kenari agar si burung cepat bertelur..?
    tolong dikasih pengarahan gan..
    sebelumnya,atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih gan..

    ReplyDelete
  4. @ Mba Nurul:Sebelumnya mohon maaf dikarenakan sangat telat merespon pertanyaannya dikarenakan sy sedang tugas luar. Untuk membersihkan kandang setiap hari berdasarkan pengalaman saya sih tidak ada masalah. Hal yang harus diperhatikan dalam beternak burung kenari adalah kita memahami karakter masing-masing indukan. Karena tiap indukan pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Alangkah lebih baik bila kita membangun hubungan emosional kita sebagai peternak dengan burung kenari kita dengan baik. Mungkin Pas Kebetulan indukan yg saya punya tidak bermasalah kandangnya dibersihkan setiap hari. Bahkan membantu menyuapi piyikannya pun, sang induk tidak merasa terganggu. Namun apabila dirasa sang induk merasa terganggu, dapat disiasati dengan membersihkannya 2 atau 3 hari sekali. Dan bila memungkinkan menggunakan dasar kandang yang tempat kotorannya mudah untuk dilepas pasang, sehingga akan mempercepat dalam proses pembersihan kandang (baiknya alas kandang di lapisi dengan kertas/koran bekas sehingga pada saat membersihkan tinggal mengganti kertas/korannya) Pada umumnya burung kenari yang sedang mengerami telurnya kandangnya relative lebih bersih, karena siinduk sangat jarang turun dari sangkarnya.

    Pertanyaan ke2:
    Banyak multivitamin yg dijual dipasaran untuk mempercepat proses bertelur (maaf saya tidak menyebutkan produknya). Namun saran saya lebih baik secara natural, dikarenakan tidak memporsir proses reproduksi burung Kenari sehingga kualitas baik anakan maupun indukan tetap baik. Yang terpenting adalah asupan gizi buat sang induk pada saat proses perkawinan hingga pembesaran piyikan. Pastikan EF (ekstra Food) selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan gizi indukan dan piyikan.

    Demikian sharing berdasarkan pengalaman yg saya alami. Jangan sungkan-sungkan apabila ada hal yang ingin didiskusikan Di blog ini. Saya juga masih dalam proses belajar, pastinya masih banyak kekurangannya.

    Atau bisa meng add PIN : 76A234E5.

    Semoga sukses beternak burung kenarinya...

    Salam
    Bunda Mano

    ReplyDelete
  5. Asalmkm...kenari betina saya bertelur sendiri tanpa dibuahi si jantan..tp setelah bertelur satu gak mau telur lagi...terus telurnya saya buang..mulai saya kawinkan dg si jantan..mau kawin..tp sampai skrg gak mau bertelur lagi..eh malah ngeram di sarang..padahal gak ada telurnya...gmn solusinya mbak...trimakasih..

    ReplyDelete
  6. Ef apa aja buat mempercepat birahi om?tentunya yg alami

    ReplyDelete
  7. @Mas Wawan: Setelah peroses peneluran pertama, peneluran selanjutnya memerlukan waktu +/- 3sampai 6 Minggu Mas, jadi bisa di perhatikan dari bentuk perutnya dan tanda-tanda birahinya. apabila sudah dikawinkan paling lama 1-2 minggu akan bertelur. Ada baiknya indukan betina dilakukan perawatan dan di berikan EF Telur Puyuh secara rutin selama 1-2 minggu.

    @Mas Iwan, EF yang baik buat mempercepat birahi secara alami dengan memberikan telur puyuh yang kaya akan protein. berikan secara rutin seminggu sebelum proses perkawinan dilakukan. baik buat jantan atupun betinanya. setelah terlihat tanda-tanda birahi indukan bisa dikawinkan. Ada juga yang menggunakan Vitamin buat mempercepat birahinya. tinggal Masnya memilih mau memakai vitamin atau telur puyuh.


    Terima Kasih
    Salam Bunda Mano

    ReplyDelete
  8. Bunda ku mau tanya klu ciri2 kenari saya dah sama seperti gambar mau berterur tp dh satu minggu kok blm bertelur juga.

    ReplyDelete
  9. @Mas Iskandar, ciri2 fisik seperti yang ada di artikel salah satu tanda bahwa indukan kenari betina akan bertelur, namun ada ciri lainnya yaitu indukan sudah mulai menyusun sarangnya dan sarangnya akan memblunder. biasanya setelah ciri-ciri fisik dan sarang mblunder paling lama 1 minggu Indukan kenari betina akan bertelur.
    Terima Kasih.

    Semoga Bermanfaat, dan tetap semangat.....


    Salam
    Bunda Mano

    ReplyDelete
  10. Bunda, kenari saya bertelur 3, yg 2 menetas yg 1 kosong jadi saya ambil, trus anak yg kedua mati keinjak2 anak 1, kenari jantan saya satukan, baiknya jantan diambil saat piyik umur brapa bund?? Trims

    ReplyDelete
  11. Maaf 1 lagi bund?? Apa tidak apa2 piyikan diloloh pakan biji2an.. Pakan yg bagus untuk pertumbuhan piyikan apa bund??

    ReplyDelete
  12. @Agus Irdina: Kalau proses penjodohan indukan ingin dipisahkan baiknya pada saat usia pengeraman hari ke 5. tidak pada saat setelah menetas mas. Namun harus dilihat karakter indukan betinanya juga. Ada Indukan betina yang karakternya manja (pada saat mengerami inginnya di temani indukan sang jantan. Biasanya hal ini terjadi pada indukan kenari betina dara). Apabila Indukan jantan ingin tetap disatukan, usahakan EF berupa telur puyuh porsinya dikurangi / distop pada saat pengeraman. hal ini dilakukan untuk meminimalkan terjadinya over birahi yang dapat mengganggu proses pengeraman.


    Salam
    Bunda Mano

    ReplyDelete
  13. Indukan yang baik akan meloloh piyikannya mas. Jadi usahakan pada saat proses meloloh makanan favorit indukan selalu tersedia. Namun apabila jumlah piyikan terlalu banyak (lebih dari tiga) biasanya dibantu disuapin dengan bubur tambahan. atau dengan meracik sendiri. Piyikan dapat di lolohkan dengan biji2an yang telah dihaluskan terlebih dahulu.



    Semoga membantu
    Salam
    Bunda Mano

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenari kalo sudah bertelur sbaiknya di pisah dengan jantan nya apa tetap di kumpulkan mas

      Delete
  14. Bunda berapa lama kenari betina dan jantan disatukan, apakah samapai bertelur?

    ReplyDelete
  15. sistem penjodohan ada dua mas, ada yang sistem cabut jantan atau tidak. Jantan dan betina dapat dijodohkan selang dua hari dipisahkan, lalu disatukan kembali, dan baiknya jantan dipisah pada hari pengeraman ke 5. Namun juga ada yang jantannya disatukan sampai piyikan sampai besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya bund klo pejantan ama betina setelah kawin tapi betina belum bertelur boleh di pisah egk soalnya yg jantan malah ngrusak sarang nya... jadi bingung.. klo di pisah betina nya egk mau di pisah malah egk ke sarang padahal sebelum kawin udah mbunderi

      Delete
    2. kalau begitu ada baiknya dilakukan proses penjodohan dengan sistem cabut jantan mas, bila terlihat keduanya birahi, maka pasangan dapat disatukan untuk proses penjodohan, dan setelah penjodohan (Paling lama 2 hari, biasanya satu hari cukup) pejantan di pisahkan kembali, ulangi propses penjodohan kurang lebih tiga kali supaya lebih yakin kalau telurnya isi. jeda proses pemisahan ke penjodohan kembali min 2 atau 3 hari.

      Salam

      Bunda Mano

      Delete
  16. ciri - ciri fisik seperti yg bunda ceritakan udah 2 minggu muncul, tapi toh ga bertelur-telur juga, kenapa ya?

    ReplyDelete
  17. owh begitu ya, oj canary

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum
    mau tanya kenari saya sudah suap-suapan tetapi ko betinanya tidak mau kawin dan membuat sarang ya.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb,
      Ada beberapa kemungkinannya mas,
      Kemungkinan yang paling besar adalah belum masuknya masa birahi burung betinanya, sehingga belum mau kawin atau mungkin karena usianya yang belum matang. Usia matang burung kenari betina biasanya 6-8 bulan.

      Sedangkan untuk mempercepat proses birahi usahakan pasangan kenari yang akan di jodohkan di beri EF (Extra Food) berupa terlur puyuh 3-6 hari sebelum di jodohkan. setelah itu biarkan keduanya saling melihat sambil diamati apakah ada tanda2 birahi dari indukan.

      Apabila terlihat tanda2 birahi keduanya, indukan dapat disatukan untuk proses penjodohan.

      Salam
      Bunda Mano

      Delete
  19. @Urang Bantarujeg: Banyak faktor yang menyebabkan mas, apakah ini proses peneluran yang pertama? Bila iya memang biasanya agak lama dan harus bersabar, namun bila tidak kemungkinannya adalah kelebihan lemak atau ada kelainan yang menyebabkan sulitnya proses bertelur.

    ReplyDelete
  20. Banyak ilmu disini... º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º
    Pencerahannya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 virlis.
      Sukses selalu


      Salam

      Delete
    2. BUNDA MANO CANTIK SUKA BURUNG YA

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Hadeh, biasa saja mas.
      kebawa hobi suami

      Delete
  21. Asslamualaikum, maaf bund mau tanya saya menemukan burung betina yg ciri"nya sperti d atas, apa bisa bertelur jika tidak ada pejantanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Mas Akhsin: Kalau kemungkinan bertelur bisa mas, walaupun tidak ada pejantannya. Namun telur yang dihasilkan sudah pasti "kosong" karena tidak terjadi proses pembuahan.

      Delete
  22. Kalo kenari betina ciri" d atas udah ada, tp gak ada pejantanya apa bisa menetas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Akhsin: Jawabannya kalau bertelur insyaAllah iya, namun kalau menetas pastinya tidak mas karena telurnya tidak dibuahi. Telur yang terjadi pembuahan saja sering mangalami kegagalan mas, apalagi bila tidak di buahi.

      Delete
  23. salam bunda kenari..sya pemula mau tanya!
    sya sedang menggabung kan kenari sya,cuma yg betina tdk mau bikin sarang utk betelurnya..akhirnya sya bantu buat sarangnya,tapi tuh kenari betina setelah sya bantu buat sarang,yg betinanya demen bnget tidur disarang yg sya buat..it tanda"nya kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Mas OTRE, waduh bingung juga ya jawabnya. kemungkinan kenari betinanya nyaman dengan sarang yang mas buat, sehingga senang tidur di sarang. tapi bisa jadi ini proses penyesuaian juga mas sebelum bertelur. Ada indukan yang bisa nerima dibuatkan sarang, namun ada indukan yang ingin membuat sendiri sarangnya. Nah kalau sarangnya sudah jadi di test drive deh :D

      Delete
  24. bunda mano permisi mau nanya kalosi betinanya diem dibawah aja tapi udah dikawin sama si jantan itu apa masih minta dikawin lagi?
    satu lagi ketika selesai dikawin itu bertelur kurang lebih berapa hari?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Aji, Ada beberapa kemungkinan betina diam dibawah, kemungkinan cape, berjemur, kekenyangan atau lainnya. harus diperhatikan lebih lanjut mas. Biasanya apabila kenari Jantan bunyi dan betinanya masuk birahi, si betina akan memperlihatkan posisi minta dikawini (yaitu dengan menggerak-gerakan sayap disertai dengan posisi badan yang direndahkan. Biasanya satu minggu maksimal dua minggu setelah kawin kenari akan bertelur. Dengan Catatan Kenari betina masuk masa produksi.

      Terima Kasih

      Delete
    2. bunda, setelah kenari kawin, apa boleh si jantan dipisah ? soalnya si jantan sering merusak sarang

      Delete
    3. @Dhanie Monik, Boleh saja mba. Apalagi apabila jantannya merusak sarang. Baiknya dipisah setelah dikawinkan,


      Salam

      Delete
    4. Kalau sudah bertelur apa harus sijantan di satukan lagi dengan sibetina yang lagi mengerami?

      Delete
  25. Ass.. Bunda Mano, mau tanya maklum baru belajar,
    saya punya betina umurnya (-+) 1 thn tp kok belum ada tanda2 birahi, kalo di tempel sama pejantan masih ketakutan, kalo agak jauh kayak yang lagi kebingungan, dan si betina mulai mengambil serabut yang saya pancing, trus ketika saya pasang sarangnya kok gak mau membuat sarang ya. mohon bimbingannya ya.
    Thank's Bunda Mano

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Yongki: mungkin memang betinanya belum masuk masa produksi mas. Coba di jemur antara jam 7-9 pagi dan di berikan Telur Puyuh atau apel secara rutin. dan jangan dahulu di perlihatkan dengan Kenari Jantannya (Kalau mendengarkan tidak apa2). Setelah Satu minggu baru coba di dekatkan dengan pejantannya untuk melihat responnya. Semoga berhasil ya mas.

      Delete
  26. bunda, saya mau tanya.. kenari betina sm jantan sy sudah kawin, tp stlah kawin, saya memisahkan jantan dngn betina, dngn alasan krn jantan sering merusak sarang. prtanyaannya, apaboleh seperti itu ? lalu, jika stlah kawin si betina belum mmbuat sarang itu kenapa ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dhanie Monik: Boleh saja jantannya dipisah apalagi dengan alasan terebut. biasanya setelah proses perkawinan jeda 1-2 minggu betina akan bertelur dan selama jeda tersebut betina akan menyiapkan sarangnya. coba diusahakan sangkarnya tidak terlalu sering terkena gangguan baik dari manusia ataupun hewan predator lainnya. Karena Biasanya betina yang pertama kali bertelur kondisinya harus tenang,


      Salam

      Delete
  27. assalamualaikum,,mau tanya nih bund
    kenari saya kok sering bongkar sarang yg udah dibuat,tpi nanti dibuat kembali,itu knapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, Sebenarnya ada banyak faktor kenapa kenari betina sering bongkar pasang sarang:
      Betina ingin sarangnya nyaman,
      Sarang yang sudah di buat dimasuki hewan seperti Semut, dll
      Betina belum masuk masa produksi atau minta dikawin.

      Ada Baiknya sarang dipersiapkan setelah proses perkawinan terjadi. dan usahakan ada serabut yang di jepit di pinggir sangkar, sehingga betina akan merasa membut sarangnya sendiri dengan membuat sarangnya sendiri.

      Dan Usahakan sangkarnya di tempatkan di tempat yang aman.

      Salam
      Mano

      Delete
  28. kenari saya sudah kawin,tp sehari sesudahnya si betina merusak sarang dan hari berikutnya si betina buat sarang si tempat makan,solusinya gmn ya biar buat sarang lg di tempat yang sudah di sediakan? terima kasih...

    ReplyDelete
  29. @Mas Ikhlas, memang Susah Susah gampang dalam beternak kenari. hal yang sama pun pernah bunda alami. Dan kemungkinannya banyak, mulai Dari betinanya ingin terlihat mandiri dengan menyusun ulang sangkarnya, DLL. kalau hal ini terjadi mau tidak mau solusinya adalah kita mengganti dengan tempat makan yg lebih kecil yang tidak memungkinkan indukan untuk bersarang disana apalagi bertelur. baiknya tempat minumnya jg diganti dengan yg lebih kecil, Dan didekat sarangnya dijepit serabut sehingga kenarinya akan merasa membuat sarangnya sendiri.

    Semoga membantu
    Salam

    ReplyDelete
  30. Om kenari saya kok cuma angkrem gk mau nelur" y pdhl sudah 2minggu kaya gtu terus turun dari sarang cuma makan dan balik lagi tp sijantan diem aja nungguin disamping sarangnya terus kmrn saya lihat kelihatane ada pecahan telur dibawah ... itu gimana cara ngatasi hal seperti itu...dan saat angkrem kaya gtu asupan paling baik dikasih apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama2 Bukan Om Mas,

      Mano saja / Bunda boleh.

      Kemungkinan Sudah bertelur dan menetas mas kalau sudah dua minggu. coba diamati kembali apakah sudah ada piyikan atau belum, bila belum kemungkinan telur yang di erami gagal. Porsi makan indukan terutama betina pada saat angkrem memang jauh berkurang. sehingga asupan makanan perlu di perhatikan terutama biji2an dan sawi, hindari makanan yang berprotein tinggi seperti telur puyuh. karena akan membuat kenari betina mudah birahi dan mengganggu proses pengeraman.

      Semoga Membantu

      Salam

      Bunda Mano

      Delete
  31. Mba gimana ya kira kira kenari jodohan punya sama sama saling susah dimengerti ..kenari saya udah saling lolohan kayak yang lagi mesra dan kadang si jantan nya malah over birahi kan kasian si betina nya kayak yang udah dihajar .tapi kalo dipisah si betina nya kaya yang kebingungan jadi jarang beraktivitas yang biasa nya suka rapih rapih sarang .jadi kira kira gimana ya mba solusi nya ..makasih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Iin, hal ini terjadi dikarenakan kedua indukan tidak berbarengan memasuki masa birahinya, atau juga Indukan jantan yang terlalu birahi. Ada dua hal yang dapat dilakukan yakni:

      1. Pastikan Indukan Jantan dan betina masuk masa birahi secara bersamaan. Untuk meningkatkan birahi dapat di berikan telur puyuh secara bersamaan. Namun hal ini tidak akan berjalan baik bila Indukan Jantannya Over Biravi.

      2. Bila Memang ternyata Jantannya Overbiravi berikan ketimun secara rutin Min seminggu 2 x untuk menurunkan birahinya.

      Semoga Membantu.

      Salam
      Mano

      Delete
  32. Asss....bunda.
    Mau tnya kenari betina sya kan udh sy kawin kan tpi cuma dua harii trs sya pisahkan 3 hri kmudian s betina bertlur tpi mshh ajj birahi klw mndengr suara sang pejantan ap perlu d satukn lgy ..apa gk ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Lukman: Waalikum Salam,
      Baiknya tidak usah disatukan kembali, untuk menurunkan birahi betinanya berikan ketimun secara rutin.

      Salam
      Mano

      Delete
  33. Asllkm...Maaf mau tanya...sy udh menjodohkan kenari selama 10hari,1-3hr pertama udh kelihatan jodoh dan kawin,tp sampai sekarang sarang yg udh d siapkan d biarkan aj blm d apa2'n..minta solusinya bunda..makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Deden, Waalaikum Salam,

      Ada beberapa kemungkinan mas, Kemungkinan yang terbesar adalah betinanya yang belum matang produksinya, dalam hal ini sel telurnya, walaupun kawin ya belum akan bertelur.
      Kemungkinan yang kedua, kemungkinan sarangnya yang kurang nyaman, kalau hal ini terjadi biasanya betina akan membuat sarang di tempat makan.

      Usahakan Sarang yang ditaro senyaman mungkin, suhu stabil dan cahayanya cukup, serta sediakan serabutnya di pinggir kandang sehingga indukan dapat membuat sarang sendiri.


      Salam

      Mano

      Delete
  34. kenapa kenariku gak mau menempati sarang yang disediakan, mlahan membuat sendiri di tempat pakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Aqila,
      Kemungkinan sarangnya kurang nyaman bagi indukan Mas,
      Solusinya:
      Usahakan Sarang yang ditaro senyaman mungkin, suhu stabil dan cahayanya cukup, serta sediakan serabutnya di pinggir kandang sehingga indukan dapat membuat sarang sendiri. Apabila sudah terlihat akan membuat sangkar di tempat makan ada baiknya tempat makannya diganti dengan yang lebih kecil.


      Semoga Membantu,

      Salam
      Mano

      Delete
  35. Salam kicau bun.
    mau konsul ni, kenari betinaku 4 ekor udh disarang trs sekitar 2mgguan.
    Tp kok g nelur jg ya. Tiap mau dikawin pjantan mlh msk ke sarang.
    ak cb ganti pjantan jg blm nelur jg.
    gmn bun solusinya.
    makasih sbelumnya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Prasetyo,
      Ada beberapa kemungkinan mas, kemungkinan yang pertama Indukan Betina Pertama Kali bertelur, biasanya hal ini terjadi untuk penyesuaian. coba amati bentuk fisik perutnya. Kalau sudah mau bertelur biasanya perutnya membesar seperti yang ada di tulisan. Namun Apabila belum. Maka sebelum dimasukan kembali jantannta, usahakan EF telur puyuhnya jangan sampai absen, setelah 2 hari baru dicoba disatukan kembali.

      Kemungkinan yang Lainnya,
      Tapi kalau liat kasusnya mas sepertinya tidak mungkin.


      Salam.
      Mano

      Delete
  36. Assalamualaikum, permisi mau tanya. Bagaimana ciri2 dari indukan betina unggulan?
    Dan kalau betina bertelur tanpa dibuahi apakah betina tersebut termasuk indukan betina unggulan? Mohon penjelasannyaa.. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyalah yang yang agak sulit dijawab, Mungkin sedikit pencerahannya bisa manambah gambaran mengenai indukan betina.
      Untuk Ciri2 Betina Unggulan bila membeli di pasar bebas memang agak sulit, namun bila membeli langsung ke peternak akan mengetaui trah (Silsilah dari indukan betinanya).
      Tapi kalau dari phisik betina yang baik adalah betina yang badannya proporsional, aktif dan sehat tentunya. dikarenakan proses produksi memerlukan phisik yang mendukung.

      Bertelur bukan indikasi dari Betina Unggulan mas, karena bertelur merupakan fase proses produksi, dimana semua burung betina pasti akan bertelur baik itu yang dibuahi atau yang tidak dibuahi.

      Semoga memberi pencerahan,
      Salam
      Mano

      Delete
  37. Assalamualaikum, permisi mau tanya. Bagaima ciri ciri dari indukan betina yang unggul?
    Dan apakah betina yang bertelur tanpa dibuahi termasuk indukan betina yang unggul? mohon penjelasannya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Faisal, pertanyaaanya hampir sama dengan Anonymous,

      Bertelur bukan indikasi dari Betina Unggulan mas, karena bertelur merupakan fase proses produksi, dimana semua burung betina pasti akan bertelur baik itu yang dibuahi atau yang tidak dibuahi.


      Sedangkan Indukan Betina Unggulan baiknya yang mempunyai trah (silsilah) yang jelas dalam artian apakah Indukan mempunyai turunan juara, mental yang baik, dll.

      Sehingga bila menghasilkan anakannya juga akan membawa sifat tsb.

      Semoga mencerahkan

      Salam
      Mano

      Delete
  38. Ass.wr.wb bunda . Saya ingin nanya :
    1.jika betina sudah bertelur apakah harus dipisah dengan jantan nya ?
    2.jika bertelur makanan apa yg tepat ? Apakah EF seperti sayur2an .atau cereal bayi.dan jantan nya juga . Apa tidak apa2 jika kita mengasih makanan utk menambah birahi ?(sayur2an dll ) dan minta saran makanan yg baik
    3.jika sedang bertelur . Bolehkah memindah kandang nya untuk di jemur ? Tolong kasih sarannya

    Terima kasihh bunda
    Blog ini sangat membantu bagi saya yg pemula. Sukses terus buat bunda
    Wss.wr.wb

    ReplyDelete
  39. Waalaikum salamn Wr. Wb.
    maaf telat banget jawabnya mas / mba,

    1. Ada dua kemungkinan yang dapat dilakukan, bisa dipisahkan atau tidak dipisahkan. tergantung dari Mas / Mbanya mau seperti apa, dan tergantung juga dari karakter indukannya. Ada Indukan yang pada saat mengeram selalu ingin ditemani dengan jantannya, ada juga yang mandiri. Jadi bila akan melakukan pemisahan baiknya diobservasi dua jam setelah pemisahan. Bila Indukan betina adem ayem, berarti aman untuk dipisahkan. Namun bila indukan menjadi gelisah, "cerewet", dll, baiknya jantannya disatukan kembali.

    2. Pada saat mengeram indukan betina akan sering mengerami telurnya dan jarang sekali turun dari sangkar. kalaupun turun untuk mencari makan dan minum, jadi baiknya keperluan nutrisi harus dijaga, komposisi makanan favorit indukan harus lebih diutamakan. Bila Indukan sangat menyukai Sawi berikan sawi, Namun pemberian EF berupa telur puyuh harus dikurangi karena akan berakibat menambah birahi dan mengganggu proses peneraman. Baiknya bila mau memberikan EF (Telur Puyuh) sehari setelah telur menetas.

    3. Baiknya Kandang ditempatkan ditempat yang memiliki sirkulasi udara dan penyinaran matahari yang cukup (Baiknya sinar matahari pagi), Sehingga pada saat proses pengeraman tidak sering memindahkan kandang. Selama sinar mataharinya cukup tidak perlu dilakukan penjemuran, yang penting syaratnya sirkulasi udara bagus dan mendapat sinar matahari yang cukup.

    Semoga memberi pencerahan.

    Salam

    Mano

    ReplyDelete
  40. Ass bunda.apkah kn betina mabung bs dikawinkan?? Trus misalkan bertelur bs menetas??trims bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,

      Untuk Kenari mabung bisa saja dikawinkan dan bertelur. Namun dalam kondisi mabung, kondisi indukan menjadi tidak prima untuk melakukan pengeraman dsb. Biasanya walaupun menetas proses perkembangan piyikan tidak maksimal.


      Semoga memberi pencerahan,


      Salam
      Mano

      Delete
    2. Bunda mau tanya klo bertelurnya di tempat pakan.tapi di erami sama betinsnya apaka bisa berhasil menetas??

      Delete
    3. @Mas Chandra, Kalau telurnya fertil InsyaAllah Bisa mas. yang menjadi kekhawatirannya justru pada saat telur menetes. kemungkinan terinjak indukan lebih besar yang mengakibatkan kematian. Baiknya coba diintip telurnya pada hari ke 8, kalau terlihat fertil. Siapkan sarang dan buat sarang mblunder senyaman mungkin. Lakukan pemindahan Telur pada saat indukan sedang keluar (tidak mengerami). Namum hal ini ada resikonya agak tinggi, bila indukan marah dan tidak mau mengerami kembali berarti telur tidak jadi menetas. Tapi banyak indukan yang tetap mau mengerami walaupun telurnya dipindahkan.

      Atau bisa juga telur tetap dierami di tempat makan, namun harus bener2 diperhatikan pada saat telur menetas sampai dengan hari ke lima. pastikan piyikan aman dan nyaman.


      Semoga Membantu
      Salam
      Mano

      Delete
  41. amazing sekali bunda mano, dari pertanyaan sekecil hingga rumit bunda tau. mungkin dibuat talkshow bun :D.

    sukses selalu, semoga ilmu yg diamalkan menjadi berkah. aminn

    ReplyDelete
  42. @Mas Citro: Wkakaka..., masih dalam proses belajar juga kok. Sama2 Sharing, dan masih belum layak klo talkshow :D. Aamiin. Semoga berkah buat semua

    Salam
    Mano

    ReplyDelete
  43. iyaa bun, brrti drumah buka usaha ternak kenari yah bun?
    bun mw tanya, kenari drumah kn udh jodoh nah udh 4hari sy jd satu itu blm nyusun sarang, hari ini sy pisah malah justru betina nya nyusun sarang. apa sang betina ini udh bisa dianggap bakal nghasilin telur egak yh bun?
    trims bunda mano.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Citro, Belum buka usaha mas masih sebatas hobbi, namun tidak dipungkiri ada juga sih beberapa yang dibeli :D
      Biasanya memang kalau betina sudah menyusun sarang tidak lama lagi akan bertelur mas. Hanya sebagai masukan saja. Baiknya bila menjodohkan kenari diberi jeda sehari atau dua hari dipisah lalu dikawinkan kembali. Hal ini dilakukan agar kemungkinan terlur fertilnya (Isi) lebih besar.

      Kalau Sarangnya sudah mblunder perkiraan paling lamanya sekitar 3 hari sudah bertelur mas, apalagi kalau betinanya sudah sering berada didalam sangkar. Pasti tidak lama lagi bertelur.

      Semoga memberi pencerahan.
      Salam
      Mano

      Delete
    2. iyaa bun, trims bgt atas tips2 nya. dgn begitu alhamdulillah menambah ilmu. trims bunda mano.

      Delete
    3. Sama-sama, sukses selalu juga.

      Salam
      Mano

      Delete
  44. Salam bun. Saya mau tanya,bisa tidak kl pejantan jenis loper di kawin kan dgn betina jenis af. Atau pejantan jenis af di kawin kan dgn betina jenia afs. Thx sebelum ny bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja kok mas, silang-silang jenis kenari. Dan kemungkinan Isipun ada, namun Isi atau tidaknya hanya Allah yang tahu.

      Semoga memberi pencerahan.

      Salam
      Mano

      Delete
  45. salam kenal bunda..

    mau tanya ;

    1. apakah akan menetas apabila telur yang di erami sedikit retak2 di karenakan gesekan kaki/badan dari indukan betina

    2. selain sawi sayuran apa lagi yang baik ketika sang induk sedang mengeram (saya coba kangkung si indukan mau makan)...apa kangkung memberikan efek negatif atau positif....

    3. ketika posisis mengeram baiknya lampu ruangan menyala atau mati....

    terimakasih
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal Mas Minggoen,
      1. Kemungkinan menetas bila telur2 yang sedikit retak ada mas, namun kemungkinan gagalnya juga ada, mengingat telur yang retak, mudah sekali dimasuki bakteri yang merugikan bagi embrio yang ada dalam telur. semoga retaknya tidak sampai ke lapisan dalam telur. sehingga dapat menetas.

      2. Sayuran selain sawi hijau sawi putih juga bisa diberikan selama indukannya suka, atau jagung muda, Untuk masalah kangkung bunda belum pernah coba dan tahu pengaruhnya (Maaf).

      3. Pada saat pengeraman baiknya cahaya lampu secukupnya atau di sesuaikan dengan luas ruangan dan cahaya lampunya. Cahaya jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap juga. Tidak dinyalakannya lampu dapat mengakibatkan banyaknya nyamuk dan telur retak karena kurangnya cahaya.


      Semoga memberi pencerahan, Namun bila mas punya pengalaman boleh di share kok :)


      Salam
      Mano

      Delete
  46. kenari betina yang bulu disekitar anus'a belom rontok itu.. apakah belum siap kawin dan bertelur bunda ??
    mksih atas jawaban'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Barodi,
      Belum tentu juga mas, itu merupakan salah satu tanda saja. kesiapan bertelur dan kawin bisa dilihat dari gerakan bentuk tubuh, usia, dan lain-lain. Bila betina sudah terlihat birahi dapat dikawinkan sehingga tidak lama lagi akan bertelur.


      Semoga Memberi pencerahan,
      Salam
      Mano

      Delete
  47. Salam Kenal Bos..
    Saya Mau Tanyak Klo sarangnya sudah berbentuk O apa burung kenari tersebut sudah kawin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal mas,

      Sarang yang membulat merupakan salah satu indikator betina akan segera bertelur, namun bukan indikator sudah / belum kawinnya kenari.

      Salam
      Mano

      Delete
  48. Assalamualaikum..
    Kenari saya udh saya kawinkn tapi dngn sistem cabut jantan 3 jam 4 x nemplokin betinanya,apakah ituh bisa bertelur ada isinya? Udah saya buatkn sangkar tapi klw mlem cmn buat tdur doank, apkh ituh tanda2 ingn bertelur? Tiap pagi suka memanggil jantan terus, apakh ituh hrus di kawinkn lagi? Terima kasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam,
      Untuk masalah isi atau tidaknya Bunda tidak bisa menjawab, hanya Allah yang tahu, namun kalau Biasanya kalau sampai proses perkawinannya berkali-kali kemungkinan telurnya isi jauh lebih besar. Salah satu ciri-ciri kenari yang akan bertelur biasanya sarang sudah mblunder, dan memang suka dipakai tidur juga, karena banyak juga kenari yang bertelur pada malam hari menjelang pagi.

      Pertanyaan selanjutnya, selama jantan dan betinanya masih mau boleh mas dikawinkan.

      Delete
  49. Assalamualaikum bun ...saya punya sepasang kenari jantan dan betina sudah seminggu ini mereka loloh lolohan di kandang yang berbeda seminggu kemudian saya gabungan tetapi si jantan malas nemplok ke atas betina padahal sibetina sudah pasang posisi kawin ...dan si betina sudah bikin sarang ..telur puyuh dan obat breeding sudah saya kasih ...tetapi si jantan malas kawin ... Mohon pencerahan nya tri makasi Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Coba Jantannya jangan dikasih liat sehari sd dua hari dan di mandikan dan dijemur dimatahari pagi antara jam 7-9 Pagi, hari ke 3 coba disatukan kembali.
      Atau bisa juga kenarinya perlu tempat yang agak tenang untuk proses perkawinannya.

      Salam

      Delete
  50. assalamualaikum bunda..
    saya ada pertanyaan nih,,burung kenari sy sdh berjodoh dan sdh kawin,sdh sy buatkan sarang y juga dan sudah ber bntuk O..tapi ky y sarang y berbntuk O itu dbuat oleh si pejantan dan si betina hanya diam saja,tp terkadang sdikit mngacak2 sarang y..itu pertanda apa dan harus gmn bunda?? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Mas Agus,
      Coba serabut nya dijepitkan sedikit dipinggir kandang, biarkan mereka yang menyusun sarang, hal yang wajar bila sarang suka diacak-acak sang betina. mengingat betina yang akan bertelur dan mengeraminya didalam sangkar membutuhkan kenyamanan.


      Salam
      Mano

      Delete
  51. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  52. assalamualaikum bunda..
    kenari betina saya sudah kawin dan sudah membuat sarang berbentuk O dan sudah mengeram terus tapi belum juga bertelur padahal sudah 2 minggu lebih kenapa yah ? apa yang harus saya lakukan mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
  53. Waalaikum salam Mas Azis,
    Mungkin memang belum waktunya bertelur mas, coba di cek kondisi perutnya apakah sudah terlihat ciri-ciri indukan akan bertelur?. bila iya biasanya tidak akan lama lagi bertelur.

    Salam,
    Mano

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum Bunda ,
    Saya baru menjodohkan jantan dan betina pada hari selasa jam 1 siang dan sudah terlihat kawin 2 kali setelah itu saya tinggal dan biarkan hingga malam hari jantannya saya pisah , setelah itu pada jumat siang jam 1 jantan saya masukkan lagi dan terlihat kawin lagi setelah itu saya pisah jantannya .
    Tapi kelihatan betinanya jadi sibuk mencari jantan dan sebaliknya jantan juga begitu . kemudian saya masukkan jantan lagi ke sangkar betina hingga hari minggu siang saya pisahkan .
    Betina keliatan sudah tidak begitu sibuk mencari jantannya lagi , besoknya senin pagi jam 7 saya liat ke sangkar sudah ada telor 1 butir .
    Pertanyaan saya apakah ada kemungkinan telor isi Bunda ? , karena jarak perkawinan pertama dan kedua beda / jeda 3 hari .
    Trims banyak Bunda .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum Salam Mas Rudi,

      Memang baiknya untuk proses perkawinan dilakukan jeda sehari atau dua hari. Namun tidak menutup kemungkinan dengan Jeda 3 hari kemungkinan telur isi tetap ada, karena perkawinan dalam satu hari dilakukan beberapa kali. Untuk melihat apakah telur isi, telur akan berwarna lebih tua pada hari ke 7-14 dikarenakan adanya perkembangan embrio anak burung dalam telur. Semoga membantu,

      Salam

      Delete
  55. Ass bun saya mau tnya saya barusan beli kenari 1pasang n yg betina udh msuk dlm sarang... Tapi yg jantan msh saya satukan. Trus pada saat kenari betina kluar sarang sllu kepakan sayap n yg jantan mau mnta kawin tpi yg betina malah kabur2 trus. Kata orang pertama udh di jodohkan skitar 2 minggu. Pertnyaan sya knapa kenari betina blm nelur2 yah bun... Thanx n wassallam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Radit: Wa'alaikum Salam, memang perlu waktu dalam menjodohkan kenari. terlebih karena kenari yang baru dibeli harus beradaptasi kembali dengan lingkungan yang baru di tempat mas yang baru. Kejadian yang mas ceritakan terjadi karena masa birahi jantan dan betinanya tidak bersamaan. Coba yang betinanya di beri Apel atau telur puyuh untuk menaikan birahi tapi jangan terlalu diporsir juga ya mas. Biasanya tanda-tanda kenari betina akan bertelur daerah perut dan ventnya sudah membesar disertai dengan sarang yang mblunder.

      Semoga membantu
      Salam
      Mano

      Delete
  56. Aslmlkm. 1. Bund kenari ana kawin terus ampir tiap hari. Kira2 bagusnya dipisahkan atau gmana ya ?
    2. pakan yg bagus banget n vitamin unt kenari di masa perkawinan sampe menetas apa aja?
    Tq bund. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Mas Iman,
      1.Pemisahan penjodohan kenari bisa dilakukan beberapa cara, pertama sebelum bertelur atau setelah hari ke 5 bertelur. hal ini dilakukan agar indukan betina tidak shock dan tetap mengerami.
      2. Kalau Untuk pakan Bunda meracik sendiri mas, atau boleh dengan pakan bermerek yang sudah dikemas, dan vitamin yang digunakan BioJanna.

      Terima Kasih
      Salam
      Mano

      Delete
  57. Asslmlkm bun..
    Pemula nmpang tnya niech..
    Bun kenari saya kok g mw bertelur ditmpatnya y...
    Telurnya jtuh pecah dibawah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Mas Gareng,
      Untuk kenari yang pertama kali bertelur usahakan serabutnya ada yg dijepit di pinggiran kandang supaya sarangnya juga dibuat oleh Indukan kenari, dan usahakan tempat pakannya jangan yang besar supaya indukan tidak membuat sarang di tempat pakan.
      Sarang yang dibuat oleh indukan biasanya jauh lebih aman sehingga telur tidak mudah jatuh. Selatin itu juga perlu diperhatikan bahwa keamanan kandang cukup aman dari ancaman predator semut ataupun cicak / tikus.


      Semoga membantu,

      Salam

      Mano

      Delete
  58. ass.salam kenal...sy mau tanya..ciri2 perut betina dewasa yg sudah mengeluarkan telur tanpa kawin seperti ap?perutnya kempes atau masih mengembung.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Mas Didi,
      Pada ciri2 betina dewasa yang sudah mengeluarkan telur biasanya agak kempes dan kalau sudah sering bertelur agak sedikit berkerut. Tapi kalau nanti mau bertelur perutnya akan kembali membesar.
      Semoga memberi pencerahan,
      Terima Kasih

      Salam
      Mano

      Delete
  59. Mau tanya bunda . indukan , saya buatkan sarang tpi kok malah di bongkar . mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Raptor21
      Untuk mencegah Indukan membongkar sarangnya, Usahakan sarang jangan sepenuhnya dibuatkan, ada serabut yang dijepit di tepi kandang, sehingga indukan merasa sarang dibuatnya sendiri. Selain itu sarang dengan wadah plastik batok kelapa, ataupun yang lainnya usahakan serabutnya ditarik kebawah minimal 4 sisi melalui celah-celahnya, sehingga serabut sulit untuk diacak-acak.

      Semoga membantu,
      Salam

      Delete
    2. Ass mualaikum mas.saya andre.burung kenari saya yang jantan lagi birahi.trus saya coba masukan betina kedalam sangkar yang jantan.lalu kawin,burung itu bisa d pisahkan ngx,karna burung yang jantan buat lomba

      Delete
  60. assalamualaikum bunda mf pemula mau tanya, kenari saya sudah bertelur 1 tgal 22 pagi untuk bertelur lagi perlu di kawinkan lg tidak, soalnya pejantanya saya pisah, trimakasih

    ReplyDelete
  61. Ass wr wb,, maaf bun masih pemula.
    saya kan baru beli kenari betina dengan telur 4 beserta sarang nya,, ketika saya bawa pulang dengan kandang yg sdh saya sediakan di rumah kok kayak nya belum mau mengerami ? apa masih menyesuaikan dengan kandang yg baru atau memang kl dalam mengerami di pindah kandang yg baru tidak mau mengerami ? mohon pencerahanya.
    salam
    Indra_RRF

    ReplyDelete
  62. assalamu'alaikum, jual betina yang siap kawin gak?

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum wr.wb
    Mau tanya ni kalo kenari sudah produksi yang pertama kali nah biasaya berapa lama lagi kenari itu bertelur mas?
    Salam kicau mania

    ReplyDelete
  64. Bun mau tanya donk kenari saya sudah kawin..sudah membuat sarang eh malah sama si jantan di rusakin..apa karna blm di panggil penghulu x ya bun jd blm.sah..hehee. jd gmn ya bun mksh ya bunda cantik

    ReplyDelete
  65. Mlm bu.saya pemula.kenari saya sudah kawin.tapi kenar betina suka di sarang aja jarang keluar.tapi sudah 2 minggu belom betelur juga.sarangnya belom memblunder malah kepinggir tengah kosong tanpa sarang.sekarang kenari jantan pun ikut duduk disarang.mohon pencerahan nya bu?

    ReplyDelete
  66. ass... bu mau tanya berapa kali proces kawin indukan sampai akhirnya btina siap bertelur. terus knapa indukan betina tidak mau diam loncat ke atas kbawah kekiri kekanan. pdhal kondisi sarang sudah di susun sudah bunder. mohon pncrahan nya bu. mksih

    ReplyDelete
  67. trimakasih bunda mano.. sangat bermanfaat bagi saya yg baru pemula.. semua penjelasan diatas sudah mewakili apa yg saya alami juga..

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum bund mau nanya kalo betinanya malah ngrusak sarang yg di buat pejantan itu tandanya gmna ya bund?

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum bund,mau tanya saya hbs beli 2 indukan posisi sedang mengeram trus saya bawa kerumah masing-masing bertelur 4 dg 5 smp dirumah indukan tdk mau mengeram lg.akhirnya saya gabung 2 indukan dlm satu kandang tp saya msh taro 2 sarang. Setelah 1-2 minggu ternyata 2 indukan tersebut bertelur bareng disangkar yg sama dengan total 7 telur.karena menurut saya klo satu indukan paling byk 6 telur nah ini ada 7 telur yg di eramin 2 indukan. Kenapa bisa bareng bertelur dan mengeramin? Apakah telur tersebut bisa jadi/kosong?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  70. Mau tanya klo sarang kenari lebih baik serabutnya taruh didasar kandang atau kita susun disarang???

    ReplyDelete
  71. mau tanya kenapa kenari udah mau kawin, trus mau sedikit2 membuat sarang tiba2 sarangnya diberantakin lagi.. sempat bertelur dikeranjang sarang tapi cuma 1 itu kenapa ya?? masalahnya apa?? mohon pencerahannya, terima kasih...

    ReplyDelete
  72. muhammad ivan trenggono29 June 2016 at 14:00

    Ass mau tanya saya tuh udh lewat masa kawin beberapa hari tapi ciri ciri diatas kok gak ada yah padahal setiap hari dibersihkan dimandiin sama pakannya juga lengkap dari buah buahan sampe vitamin tolong arahannya...

    ReplyDelete
  73. muhammad ivan trenggono29 June 2016 at 14:19

    Ohh iya satu lagi bun tadi itu saya keluarkan jantannya trus betinanya bersuara setelah itu tangan saya malah dipatuk jantan saat mau di pindahkan sebaiknya di satukan lagi atau dipisah mohon arahannya...

    ReplyDelete
  74. mz apabila kenari udah bertelur apa boleh dikasih pejanta lagi, maksudx dalam keadaan mengerami teurnya?

    ReplyDelete
  75. Mau tanya dong smuanya ni
    Sy bru mnjodokan kenari sy bru 2hari tp ko si betina nya mkn mulu ya knp ya mas trima ksh

    ReplyDelete
  76. bunda... sy baru mulai belajar ternak kenari.. hanya saja saya terkendala masalah waktu pengawasan kenarinya karena jam kerja saya 07.30 - 17.30...minggu libur... yg sy tanyakan bagaimana cara mensiasatinya supaya sy bs berhasil... trims...

    ReplyDelete
  77. Ass, bunda saya mau tanya bund kenari saya sedang proses penjodohan cuma ada kendala dengan kenari jantan saya, yg harus dipancing dengar suara burung kenari lain baru mau kawinin si betinanya. Solusinya gmn ya bund agar kenari jantan saya mau kawin tanpa harus dengar suara kenari lain?
    Trims bund..

    ReplyDelete
  78. mbak, saya mau tanya kenari saya udh saya jodohka hmpir 1 minggu lebih masih aja kyk berantem, seblm sy gbngin si jntan bnyi dan kmdian si betina bls dgn suara kecil" buntutnya udh naik" trs tk gabungin malah brntem lagi mbak. solusinya?

    ReplyDelete
  79. Mbak btina udah bikin sangkar tp ga betelor knapa ya, mohon solusinya

    ReplyDelete
  80. mba kenari saya sdh bertelur tpi pecah, hbs itu saya buat kan sangkar nya tpi ngk mau bertelur lagi,apa karna saya lambat ngasih sangkar nya ya

    ReplyDelete
  81. Assalammuallaikum gan saya mau tanyak ni..
    burung kenari saya kenapa ya kg yang betina enggak mau masuk sangkar nya.. tpi malah jantan nya yg masuk ke sangkar..
    Tolong ya gan kasih pendapat nya

    ReplyDelete
  82. Assalammuallaikum gan saya mau tanyak ni..
    burung kenari saya kenapa ya kg yang betina enggak mau masuk sangkar nya.. tpi malah jantan nya yg masuk ke sangkar..
    Tolong ya gan kasih pendapat nya

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum.. pak admin.. ni mau nanya.. apa cukup 2 kali saja dalam masa perkawinan.. ?? Tambah lagi , kenari betina saya ciri fisiknya udah sama tapi sarangnya ko belum bentuk ya pak admin.. mohon bantuannya.. sekedar hobi pak, bukan mau bisnis.. hehehehe

    ReplyDelete
  84. Ass bunda mau tanya apakah kenari betina membutuhkan waktu yangvlebih lama untuk bertelur jika terlur itu isi kalau telur itu tidak isi betina bertelurnya lebih cepat bun

    ReplyDelete
  85. Maaf saya pemula.. kenari saya kawin paksa tnpa pnjodohan.. apakah induk betina pasti brtelur n isi? Terima kasih

    ReplyDelete
  86. Maaf gan,mau tanya,,kenari saya mulai bikin sarang,tapi belum kepantau kawin,apa kemungkinan bisa bertelur,kondisi pejantan pacek gan..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  87. Assalamualaikum.. pengen saran bunda.
    Sya baru 2 mnggu coba ternak kenari. Dan proses perjodoha smpe 1 minggu kenari betina g mau kawin.. dan terpaksa sya satukan kandang mesti betina belom birahi. Dan setelah 4 hari. Sya coba cek sang betina angkut sarang. Dan 4 hari ini kloaka betina membesar n kotoran nya warnanya putih..tpi sya tdk pernah melihat pasangan kenari saya kawin. Dan 4 hari ini betina sya lbih angkrem di sarang nya aja. Apakh ini bertanda dia akan bertelor atau dia kena penyakit.. mohon saran nya.. trmksh

    ReplyDelete
  88. Asskum.bunda man0.mau nanya ciri2 pejantan ngisi gimana ya.tanpa harus menunggu pr0ses perkawinan

    ReplyDelete
  89. Kemaren saya baru saja mengawinkan kenari saya.udah 2 hari si betina mulai membuat sarang.s0lusinya gimana ya supaya pr0ses peneluran lancar

    ReplyDelete
  90. Katanya kalau burung kenari bertelur setelah proses perkawinan itu membutuhkan waktu kurang lebih 10 sampai 15 hari tapi ko'burung kenari punyaku hanya 3 hari setelah perkawinan langsung bertelur.....

    ReplyDelete
  91. bunda aku mau nanya .kenari saya dah ngunjalin sarang ya nah tahap selanjut nya apa ya,dan semisal udah bertelur berapa lama si jantan di ambil sama sih piyik di ambil semisal dah menetas #maafin baru belajar produkan

    ReplyDelete
  92. Burung saya udah seperti ciri2 diatas tapi ada garis hitam seperti urat apakah itu akan menghambat proses bertelur nya??

    ReplyDelete
  93. Assalamualaikum bunda ...mau tanya klok kenari sudah menetas klok gk di kasih telur puyuh selama meloloh gmn bunda ..soalnya saya lagi liburan keluar kota perkiraan skrg sudah menetas bunda

    ReplyDelete
  94. halo .kenari saya kemaren gagal menetas trus bertelur pakan tanpa ada si jantan langkah selanjutnya apakah telur nya ajh di buang apa sekalian sarangnya...dan langkah selanjutnya sebaiknya perjodohan kbali brp hari biar pas waktu yg cocok

    ReplyDelete
  95. Mau nanya gan sarang udah bulat sering angrem juga tapi beberapa hari kemudian kok ekornya rontok itu kenapa

    ReplyDelete