Thursday 20 March 2014

Perkembangan Piyikan Burung Kenari.

Sudah pasti sangat menyenangkan sekaligus menggembirakan apabila telur momongan kita (burung kenari) yang kita pelihara menetas. Namun kekhawatiran lainnya juga muncul seiring dengan ketidaktahuan bagaimana memperlakukan piyikan (anakan) burung kenari yang baru menetas, serta bagaimana perkembangannya. Perasaan itulah yang saya rasakan pada saat burung kenari saya menetas. Memang agak sulit juga mencari informasi mengenai perkembangan piyik (anakan) burung kenari yang baru menetas. Hal ini juga saya alami pada saat googling mecari informasi mengenai bagaimana memperlakukan anakan burung kenari yang baru menetas serta perkembangannya. Saya mencoba membagi sedikit pengalaman yang mungkin dapat bermanfaat. Yang di perlu diperhatikan adalah bahwa perkembangan ini hanya secara umum saja, bahkan mungkin dapat berbeda antara burung kenari yang satu dengan yang lainnya yang disebabkan oleh banyak faktor.






Hari pertama menetas:
Ciri anak burung kenari yang baru menetas  matanya hitam belum terbuka (melihat), tumbuh sedikit bulu-bulu halus di kepala atau sayap serta kondisi tubuh dan lehernya belum kuat. Biasanya hari pertama menetas indukan burung kenari masih mengerami (memberi kehangatan) untuk anakan kenari dan telur lainnya yang belum menetas. Jangan panik dahulu apabila dalam waktu 1 hari Indukan belum menyuapi anakan yang baru menetas, hal ini dikarenakan piyikan burung kenari yang baru menetas mempunyai persediaan nutrisi yang berasal dari kantung kuning telur (yolk sac). Pada minggu pertama merupakan masa krisi bagi anakan burung kenari, karena pada masa ini anakan kenari masih sangat lemah serta rentan terhadap gangguan dan memerlukan perhatian extra baik dari induknya maupun dari pemiliknya. Biasanya anakan burung kenari akan diberi makan pada hari kedua setelah persediaan kantung kuning telur habis dengan cara mengangkat lehernya ketika meminta makan atau mendengar induknya memanggil untuk memberi makan.  Kita juga dapat memberi makan tambahan menggunakan susu sereal untuk bayi atau racikan lainnya, dengan alat bantu suntikan yang ujungnya diberi pentil sepeda supaya tidak mengakibatkan luka. Usahakan memberikan makanan jangan terlalu sering di minggu pertama, karena di khawatirkan ketika sang induk akan menyuapkan makanan, anakan burung kenari sudah kenyang dengan makanan tambahan yang diberi, sehingga indukan burung kenari menjadi malas memberi makanan untuk anaknya. Apabila ini terjadi dapat berakibat fatal bagi anakan kenari, anakan menjadi kurang makanan dan akhirnya mati. Kalau sudah terjadi hal seperti ini suka atau tidak, pemberian makanan untuk anakan burung kenari harus diambil alih oleh pemiliknya dan hal ini cukup menyita waktu dan perhatian, sebab anakan burung kenari yang masih berumur +/- 1 minggu harus di beri makanan sekitar 1-2 jam sekali dengan takaran 0,5 CC (kata peternak yang sudah senior). Sebaiknya apabila akan memberi makanan tambahan untuk anakan / piyik burung kenari sehari tidak lebih dari 2x. pemberian makanan tambahan sebaiknya pada saat indukan burung kenari sedang keluar sangkar dan kita menirukan suara indukan burung kenari supaya akan atau piyik burung kenari  mengangkat kepalanya untuk meminta makan.
Adapun ciri-ciri piyik (anakan) burung kenari yang lapar:
Sering mengangkat kepalanya untuk meminta makan apabila mendengar suara indukannya atau suara yang mirip dengan indukannya serta apabila sangkarnya goyang dikarenakan tersentuh kita.
Tembolok piyik (anakan) burung kenari yang terletak di leher sebelah kanan/kiri akan terlihat rata, namun apabila sudah disuapi / di beri makanan tambahan tembolok piyik (anakan) burung kenari akan terlihat menonjol. Jangan panik dahulu apabila tembolok piyik (anakan) burung kenari terlihat hijau kehitaman, warna ini merupakan makanan yang kita berikan bisa berasal dari sawi / biji sawi yang telah di lumat oleh sang induk kemudian disuapkan kepada piyik (anakan) burung kenari.
Masing-masing individu memiliki cara yang berbeda dalam memanggil piyikannya untuk disuapi, ada yang dengan cara bunyi cuit-cuit, menyentuh dengan lembut piyikannya, hingga merapikan sarangnya.
Hari ke dua sampai hari ke enam
Badan piyikan sudah mulai membesar dan otot lehernya menjadi lebih kuat. Indukan akan lebih sering menyuapi piyikannya karena kebutuhan nutrisi piyikan menjadi meningkat. Baiknya kita membantu indukan menyuapi piyikannya apabila telur yang di tetaskan lebih dari 3. Hal ini diperlukan supaya asupan gizi semua piyik dapat terpenuhi.



Hari ke enam  sampai ke tujuh
Piyikan mulai membuka mata untuk pertama kalinya. Usahakan melanjutkan bantuan suapan buat piyikan agar piyikan terbiasa baik di suapi dengan induknya ataupun dibantu dengan kita.



Hari ke delapan sampai minggu ke tiga
Hari ke delapan sampai minggu ke tiga, bulu kasar piyikan mulai tumbuh di sayap dan di ekor seiring dengan tumbuhnya tubuh piyikan. Bulu yang tumbuh di ekor relatif masih pendek dan akan terus mengalami perkembangan. 



Minggu Ketiga dan ke empat.
Piyikan mulai belajar ke luar sarang, walaupun belum sering turun dari sarangnya. Namun apabila sudah keluar dari sarangnya piyikan masih sering masung ke dalam sangkar (mungkin dikarenakan masih belajar mengenal dan menyesuaikan dengan dunia luar serta mulai diajari untuk belajar terbang). Pada usia lebih dari 4 minggu piyikan sudah berani keluar sangkar dan belajar makan biji-bijian (walaupun belum sempura) dan masih di suapi oleh induknya. Pada saat umur segini indukan yang baik akan mencabuti bulu piyikannya. Jangan Khawatir proses ini merupakan proses alami, bulu halus yang di cabuti oleh indukan membuat bulu keras piyikan menjadi cepat tumbuh.





Umur Enam Minggu (1,5 bulan)
Piyikan / anak sudah dapat memakan biji-bijian, dan dapat di pisahkan dengan induknya. Baiknya Sang induk dilakukan perawatan dahulu minimal 1-2 minggu sebelum di jodohkan kembali.
Ada berapa litratur yang mengatakan bahwa piyikan (anak burung kenari) usia 4 minggu sudah dapat dipisahkan dengan induknya. Hal ini memungkinkan bila melihat kondisi piyikan (anak burung kenari) dirasa sudah siap untuk di pisahkan dengan induknya. kita dapat melihat dari kesempurnaan piyikan dalam memakan biji-bijian, Apabila sudah sempurna maka dalam memakan biji-bijian, maka piyikan (anak burung kenari) dapat di pisahkan


Salam
Bunda Mano

45 comments:

  1. owhh gitu ya bun. PTPO oj canary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin bertanya mas, kalau telur sudah menetas apakah sebaiknya pejantan dipisahkan atau tetap satu sangkar, soalnya katanya teman-teman bisa dikanibal anakannya, pernah tak coba memisahkan pejantan induknya ikut keluar sangkar nggak mau memberi makan, mohon info mas

      Delete
    2. Ijin bertanya pakan anakan kenari umur 1 minggu lebih selain telor apa lagi yg baik bagi anakan kenari yg d loloh oleh indukannya

      Delete
    3. kasih sawi aja mas d gantung d snagkar..

      Delete
    4. Kalau saya, sy pakek pisang kepok.....

      Delete
  2. Misi gan ane mau nanya2 nh..
    Ane punya piyikan usia baru 21 hari dh kluar dari sarang dan belajar terbang..
    Yg mau ane tanyain, piyikan yg cowo klw deket sama induk'a suka di naikin (kaya mau kawin) gitu. Itu knapa yh..??
    Trus apakah harus d pisahin sama indukan'a..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Muhamad,

      Gapapa mas itu hal yang wajar kok. kemungkinan proses belajar terbang dll. Sebenarnya umur segitu sudah bisa dipisahkan dengan indukannya, karena sudah belajar makan sendiri walaupun belum sempurna. Cuma tergantung dari mas nya.

      Biasanya usia anakan 21 hari indukan sudah bisa dikawinkan kembali dan berproduksi.


      Salam
      Mano

      Delete
  3. Bunda Mano saya mau tanya, kenari saya kan baru menetas 2 ekor, sampai skrg kira2 usia piyik bru 1 minggu. Nah induk jantan masih saya gabungkan di kandang. Yg saya mau tanyakan, kapan baiknya induk jantan dipisah agar tidak kawin lagi? Soalnya mau saya bawa pulang, posisi skrg saya ngrawat kenarinya di kost.
    Trs kalau nanti dipisah, induk betinanya sanggup tidak mengurus 2 anak sendirian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Dian, Wah Pastinya senang kenarinya bisa menetas dan sudah berusia 1 minggu, Ikut berbahagia ya Mas.
      Sebenarnya Jantan dapat dipisah pada hari pengeraman ke 5. Kalaupun dipisah pada saat usia satu minggu dapat dilakukan. namun harus diobservasi dulu minimal 2 jam setelah dipisahkan. Kalau sekiranya tidak ada masalah pemisahan dapat dilakukan (Indukan masih mau meloloh piyikan), konsekuensinya asupan gizi untuk indukan betina harus ditambah porsinya karena proses lolohan dilakukan sendiri tidak berdua.

      Untuk piyikan dua ekor masih dalam batas kewajaran dan bisa diurus oleh betinanya sendiri.

      Namun ada karakter indukan betina yang dikatakan "manja". yang biasa disuapi oleh jantannya untuk lolohan piyikan. kalau hal ini terjadi baiknya pemisahan ditunda dulu mas, karena di khawatirkan bila tidak disuapi jantannya betina males untuk meloloh yang mengakibatkan piyikan kekurangan gizi dan mengakibatkan kematian.

      Oleh Sebab itu harus di observasi dulu minimal 2 jam setelah Pemisahan.

      Dan hal lain yang harus diperhatikan biasanya Usia piyikan ke 15, Indukan Betina sudah birahi dan minta dikawinkan.

      Nah Kalau sudah seperti ini keputusan ada di Mas Dian.

      Semoga memberi pencerahan,

      Salam

      Mano

      Delete
  4. pagi bunda, saya baru coba ternakin kenari, betinanya bertelur 5 butir dan jantan dipisahkan pada saat telur ke 5. Sekarang di hari ke 15 dari pertama telur keluar sudah menetas 2 ekor. yang saya mau tanya :
    1. apakah nanti di umur piyik 15 hari si betina masih mau loloh anaknya? karena saya kuatir sibetina minta dikawinin jantannya ( jantannya sering bunyi dan di tempat yg berdekatan)
    2. kalo misalkan kelima telur menetas bisakah tanpa di bantu kita loloh anaknya?
    3. usia yang paling tepat untuk menyapih anakan di umur berapa?
    terimakasih atas perhatiannya....

    ReplyDelete
  5. Pagi Mas Azzury,
    1. Biasanya Betina akan menyuapkan anakannya hingga usia 30 hari. Walaupun biasanya hari ke 15 Indukan betina sudah minta dikawinkan kembali. Biasanya Indukan masih akan melolohkan walaupun dikawinkan kembali, namun teergantung karakter indukan betinanya juga mas. Kenari Bunda ada yang anakan usia 15 hari betinanya sudah minta dikawinkan, dan proses perkawinan dan lolohan masih tetap berjalan.

    2. InsyaAllah bisa mas, namun bila indukan yang meloloh sendiri pasti pertumbuhan piyikan ada yang tercentet karena porsi asupan lolohan yang tidak sama. Kalau telurnya menetas semua baiknya dibantu dengan lolohan. Kalaupun tidak porsi asupan gizi masing-masing piyikan harus benar2 di perhatikan.

    3. Untuk menyapih tergnatung dari Mas-nya, Namun Usia 20 hari piyikan sudah bisa belajar makan biji2an sendiri walaupun belum sempurna, kalaupun mau di pisah sudah bisa namun di bantu sedikit lolohan. Kalau mau amannya di usia 30 -35 hari mas.


    Semoga memberikan pencerahan.
    Salam
    Mano

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat bgt bun buat saya pemula..mksh bgt informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Terima Kasih telah berkunjung

      Salam
      Mano

      Delete
  7. Malam bunda salam kenal
    Saya mau tanya cara pemberian kuning telur itu gimana? Apakah setiap sore harus di ganti dengan yang baru ? Karna setiap sore selalu ada sisa
    Maksih bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga Mas,

      Baiknya memang telur kuning diganti setiap sore, khawatir akan di gerumuti semut, dan merambah kepiyikan kenari.

      Bila agak repot EF telurnya diseling 2 hari sekali, tapi harus disediakan kuning telur kering sebagai pengganti ada yang jual kok mas di tk. burung. sehingga asupan piyikan tetap terpenuhi gizinya.

      Semoga memberikan pencerahan

      Salam

      Mano

      Delete
  8. assalamualaikum,bak sebelumnya saya minta maaf ya kalo banyak nanya,jadi gini bak saya mau usaha ternak kenari ,kira kira harus punya modal berapa ya bak,untuk modal awal,mohon bimbingan nya bak makasih sebelumnya bak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam,
      Untuk hal yang mas tanyakan sedang dalam proses, nantikan postingan berikutnya


      Salam
      Mano

      Delete
  9. Alhamdulillah, Terima Kasih telah berkunjung :D

    ReplyDelete
  10. tq infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  11. Misi mba saya mau nanyak saya punya piyikan anak kenari umur 12 hari tapi indukanya sudah tidak mau lolohin anakanya..
    Apa saya harus lolohin sendiri apa saja bahan lolohan yg bagus.
    Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Mas Ian, maaf banget telat balesnya. Usia 12 Hari piyikan dapat diberi biji2an yang di blender atau dengan susu bayi / sareal. namun usia segini harus diberi lampu agar suhu tetap hangat.

      Salam

      Delete
  12. Hai bunda.. Minta penerangannya. Kenari jantan sy suka makanin telur bentina. Jadi skrg klw betina sdh mulai bertelur. Langsung sy pisah kan dr jantannya. Gimana menurut bunda?.. Dan takutnya ketika sdh menetas. Malah anaknya di bunuh sm jantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal mas,
      jantan yang dipisah setelah betina bertelur tidak apa2 kok, dikarenakan memang ada jantan yang galak dan over seperti itu. yang penting pastikan proses perkawinannya berhasil. supaya kemungkinan telur isi jadi lebih besar.

      Biasanya Indukan betina yang baik akan tetap merawat piyikannya.


      Semoga memberikan pencerahan

      Terima Kasih


      Mano

      Delete
  13. sangat bermanfaat bunda..
    saya sangat berterima kasih dapat pelajaran beternak,,
    oia,,saya mau brtanya,,apakah bubur bayi misalnya sun bisa di pakai untuk pakan lolohan piyikan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Dicky,
      Bisa saja mas bubur bayi dipakai untuk lolohan hanya kadar kekentalannya harus disesuaikan dengan usia piyikan. kalau piyikan masih 5-10 hari bubur bayinya jangan kekentalan.

      Semoga membantu,
      Salam

      Delete
  14. Bun mau tanya anakan kenari yg baru umur 2hari apa bisa di bantu makan dengan spet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, kalau indukan tidak meloloh. Namun kalau indukan mau meloloh baiknya diusia piyikan 4 hari lebih.

      Salam,

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Bun......klo kenari cwean msh lo2h tpi d kawinkan kira2 indukanya masih mau loloh ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah mau mas, pengalaman Bunda sih mau meloloh bahkan sampai usia 25 Hari. Hanya saja pada saat indukan sudah bertelur kembali proses pelolohan dan pengeraman bisa mengganggu. Baiknya kalau sudah bertelur kembali Piyikan dipisah dengan Indukannya.

      Semoga membantu,
      Salam

      Delete
  18. Assalammualaikum, salam kenal Bunda.. Sy pemula, kenari sy skrg sdh brtelur 5 biji. Dulu saat telur br 1 biji, jantannya sy ambil dijodohin sm betina lain, apakah nanti klo udah netes boleh dimasukkan ke sangkar lg spy ikut meloloh piyik?

    ReplyDelete
  19. Bun, usia brpa bln anak kenari blh dimandikan

    ReplyDelete
  20. http://berikabar.web.id/cara-ternak-burung-kenari-yang-bagus/

    Disitu ada tips rawat kenari, sudah betul belum ya caranya? Mohon saran

    ReplyDelete
  21. bun saya ternaak kenari dari 5 telur menetas 2 yang 3 saya buang.. setelah piyik umur seminggu apakan indukan masih mengerami atau menghangatkan piyik??? soalnya saya lihat indukan jarang di sangkar, ke sangkar hanya meloloh saja????

    ReplyDelete
  22. Salam kenal bun kita mau tanya kalau mau lihat burung 3/4 bulan jatan apa betinanya bagaimana bun ?

    ReplyDelete
  23. Salam kenal bun kita mau tanya kalau mau lihat burung 3/4 bulan jatan apa betinanya bagaimana bun ?

    ReplyDelete
  24. Maaf sya ingin bertanya bun.
    Kenari sya anakan bru dipisah dri induknya sudah bisa makan biji2an.tpi dikasih kuning telur gk mau.yg dimakan cuma biji2an aja. Bgmna dng perkembangannya nanti bun? Tq utk jawabannya...

    ReplyDelete
  25. bunda mano sya mau tanya,saya kan punya piyik kenari 1 umur 3 minggu tapi kakinya tekor gitu,gimana caranya agar gak tekor terima kasih?

    ReplyDelete
  26. Mau nanya neh... indukan sering di kasih pakan telur puyuh pada saat meloloh anaknya apakah akan mudah kegemukan?

    ReplyDelete
  27. Pagiii sis ,..
    Sis mau nanya nih ,tolong di kasih infonya donk ,..
    Kenari saya sudah 3x menetaskan telurnya tetapi semuanya mati di usia dini ,itu kenapah y ..???
    Apa karena biangannya yah ,yg Terlalu over

    ReplyDelete
  28. Permisi bunda , mau tanya , indukan kenari saya kok tdk mengerami anaknya yg umur 15 hari , malam juga tdk mengerami anaknya , apakah itu wajar ?? Atau gimana bunda ? Mohon dibimbing masih pemula soalnya

    ReplyDelete
  29. Football predictions for today - Lacbet betway login betway login m88 m88 771Online Bookmaker | Online Bookmaker - Illegalbet

    ReplyDelete